Selasa, 09 November 2010

Soal [ Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis ]

1. Dibioskop ada seseorang pegawai yang biasanya bertanggung jawab untuk memberikan karcis & menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini?(Pembahasan soal ini berkaitan dengan pengendalian internal pada SIA ) Materi :  Tinjauan menyeluruh proses bisnis.

Menurut Saya dari bacaan materi tentang “Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis”, >> alasannya dari kegiatan diatas yaitu, mencegah seorang pegawai memiliki pengendalian penuh atas seluruh aspek transaksi bisnis pada bioskop tersebut. Pemisahan tugas pada kegiatan tersebut dapat membantu hasil aset dan meningkatkan akurasi, karena setiap pegawai dapat melihat dan dapat membatasi tindakan pegawai lainnya. Pemisahan tugas yang sangat efektif ini akan mempersulit seorang pegawai untuk dapat mencuri uang tunai atau hasil aset lainnya. Karena pemisahan tugas yang tidak memadai dapat menciptakan kesempatan untuk orang lain/pegawai tersebut melakukan pencurian atas hasil aset organisasi.


2. Nilai suatu informasi sama dengan selisih antara keuntungan yang didapat dari pemakaian informasi dengan biaya untuk menghasilkannya. Apakah Anda atau organisasi manapun akan memproduksi sesuatu informasi jika perkiraan biayanya melebihi manfaatnya? berikan beberapa contoh!

Kita dapat menarik kesimpulan dari pertanyaan diatas yaitu Saya atau Organisasi manapun tidak akan memproduksi suatu informasi apabila biaya yang dikeluarkan melebihi dari manfaatnya. Sedangkan pada  pertanyaan di atas sangat berbanding terbalik dengan hal tersebut, ini menunjukan bahwa informasi pada soal kurang bernilai dan manfaatnya bisa dikatakan kurang efektif.
Organisasi atau pelaku ekonomi mana yang akan memberi atau mengambil suatu informasi yang kurang efektif bagi organisasinya.
Salah satu contoh jika suatu informasi perkiraan biayanya melebihi manfaatnya : 
Laporan penjualan dari toko cabang ke toko pusat dengan menggunakan kendaraan dan dilakukan setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar